18 Januari 2013

Mencari Ridho Allah Swt (2)

Buatlah Mereka Tersenyum
 
BERBAKTI kepada orang tua mencakup banyak hal. Membantu keduanya dalam pekerjaannya, membuat mereka selalu senang dan berseri dengan keberadaan kita, menjaga harga diri mereka, menutupi aib keduanya dan mendoakan keduanya, ini semua adalah termasuk kategori berbakti kepada orang tua (Birrul Waalidain).
Sebaliknya, Allah mengancam dan memberikan peringatan keras dalam Al Quran maupun melalui lisan Rasulullah SAW terhadap orang-orang yang durhaka pada keduanya dan menyedihkan (menyusahkan) mereka.
Bukankah kita sering mendengar firman Allah Ta’ala yang melarang kita mengatakan “Uff/ Ah” kepada orang tua. Lalu bagaimana dengan menghardik atau memukul mereka yang akhir-akhir ini banyak dilakukan oleh anak-anak yang tidak beradab dan tidak punya akhlak mulia.
Bukankah kita sadar dan ingat bagaimana keduanya menjaga kita ketika kita masih kecil, mereka mengorbankan harta, kekuatan dan diri mereka demi kita, bahkan ketika kita beranjak dewasa, mereka pula yang sibuk untuk mendidik dan mengajarkan apa-apa yang bermanfaat untuk kebahagiaan kita.
Allah SWT menyifati kasih sayang seorang ibu yang tanpa pamrih itu pada firman-Nya (yang artinya): “Dan telah Kami wasiatkan kepadamanusia (agar dia berbakti) pada kedua orang tuanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu, hanya kepada-Kulah kembalimu”. (QS. Luqman 14)
Lihatlah, bahwa ibu telah mengandung anaknya dengan susah payah dan lemah. Belum lagi rasa sakit yang dideritanya. Dua tahun lamanya dia menyusui anaknya lalu setelah itu disapihnya. Maka di akhir ayat ini Allah memerintahkan agar kita bersyukur kepada Allah, karena Dia telah menggerakkan hati si ibu agar rahmat atau kasihan pada anaknya. Dan yang kedua adalah bersyukur atau berterima kasih kepada kedua orang tua yang telah mengasuh anaknya. 

Madinatulilmi.com/H Ali Akbar — HARIAN TERBIT
Editor — Fenty Wardhany
0 Comments
Tweets
Komentar